home industry tahu kedelai oleh oleh borobudur

Pergi ke Candi Borobudur, anda harus membawa pulang oleh oleh khas Borobudur mulai dari batik Borobudur hingga gerabah. Apa saja oleh-oleh dari Candi Borobudur yang bisa anda bawa untuk orang atau kerabat di daerah asal anda?

1. Oleh oleh asli Borobudur Batik Borobudur Handmade Dahulu warga di sekitar Borobudur sudah membuat batik dengan berbagai jenis motif seperti batik Pekalongan dan Jogja. Namun, setelah dibimbing oleh UNESCO, akhirnya para pembatik dari Desa Borobudur dan Desa Wanurejo berinovasi membuat Batik Borobudur yang memiliki corak asli dari relief Candi Borobudur. Bimbingan yang diberikan UNESCO bertujuan melestarikan makna Borobudur dalam selembar kain yang bisa jadi oleh-oleh dari Candi Borobudur. Setelah dikembangkan, Batik Borobudur yang dibuat dengan teknik tulis ini memiliki pasar yang luas, dari Borobudur, hingga Magelang dan Yogyakarta. Setiap minggunya para pengrajin mampu membuat sebuah kain dengan corak khas. Bahkan karena permintaan kain yang terus berdatangan, kain yang belum diwarnai saja sudah dipesan untuk dibeli oleh pelanggan.

 

batik borobudur handmade

2. Oleh oleh Sehat Asli Borobudur Madu Hutan Murni

Mencicipi manisnya madu lebah yang asli langsung dari sarangnya, tentu sulit dibayangkan bagi yang belum pernah ke peternakan lebah. Di Borobudur, anda bisa dapat mencicipi dan membeli madu hutan murni di Dusun Ngaglik, Giritengah, Borobudur. Kini, desa ini menjadi desa wisata peternakan madu lebah.

Ada seorang laki-laki, bernama Bambang yang bisa menjadi tujuan utama. Bambang mengawali beternak lebah di desa sejak 1998. Saat itu, ia mengawali dengan satu sarang dan sebagai sarana belajar. Lama-kelamaan, ia mengembangkan beternak lebah di hutan sekitar, yang jaraknya satu kilometer dari rumahnya. Untuk menjangkaunya, kita harus berjalan kaki, atau mengggunakan roda dua yang harus memutar bukit yang ada di belakang rumah.

Lebah madu yang dihasilkan melalui penakaran lebah yang dilakukan di hutan sekitar yang dipenuhi tanaman Kaliandra. Makanya, madu yang dihasilkan juga sering disebut Madu Kaliandra.

 

3. Oleh-oleh Candi Borobudur Camilan Tofu Tahu

Di dekat Candi Borobudur ada home industry penghasil tofu tahu istimewa. Kini pabrik tahu tersebut juga memproduksi tofu siap makan untuk dijual di seputaran kawasan wisata Candi Borobudur. Anda bisa membeli untuk pesanan partai besar ke pabrik tofu tahu di Desa Tanjungsari untuk oleh-oleh dari Borobudur.

4. Cinderamata Borobudur Guci Tanah Liat dan Gerabah Lainnya

Cinderamata yang tahan lama jelas benda padat. Di Borobudur, anda bisa mendapatkan guci tanah liat dengan ukiran relief Borobudur. Yang paling sederhana, anda bisa membawa layah dan uleg khas Borobudur yang terkenal tahan lama.

5. Gula Merah (Nira) Asli Borobudur

Bahan baku Gula Jawa atau gula merah pada umumnya dibuat dari sadapan pohon nira atau siwalan, namun di hamparan taman di kawasan Candi Borobudur, Magelang, Jateng justru tumbuh subur pohon kelapa, sehingga bahan baku Gula Jawa terbuat dari nira pohon kelapa.

Tetapi, yang dibahas bukan Gula Jawa yang merupakan proses akhir dari penyadapan nira kelapa, melainkan rasa unik dan sensasional ada pada air nira kelapa yang ada di kawasan salah satu dari tujuh keajaiban dunia itu sendiri.

Rasanya agak keset, tetapi tetap manis, sedikit lebih ringan dibandingkan dengan nira siwalan. Harganya cuma Rp3.000 per kantong plastik, plus es batu, terasa enak sekali untuk menghilangkan dahaga tatkala lelah pasca mengeliling candi Buddha yang dibangun pada masa Kerajaan Syailendra itu.

Minuman ini bisa dinikmati di sekitar pintu keluar dari kawasan Candi Borobudur, menjelang museum ada penduduk setempat yang sedang menyadap nira kelapa dan menyajikan kepada wisatawan yang berminat.

gula merah oleh oleh borobudur

6. Kopi Luwak Borobudur

Berwisata di Candi Borobudur, rasanya belum lengkap jika tidak mampir di Candi Pawon. Candi Pawon sendiri masih berada di wilayah Kecamatan Borobudur, Kabupaten Magelang. Di sekitar Candi Pawon juga ada tempat untuk ngopi yang enak dan asri.

Tempat ngopi ini namanya, Pawon Luwak Coffee. Kopi yang dihasilkan di Pawon Luwak Coffee, merupakan kopi asli Indonesia. Di sini, pengunjung bisa belajar proses pengolahan biji kopi dari kotoran luwak atau musang hingga disajikan dalam secangkir kopi.

Untuk mendapatkan pengalaman menakjubkan tersebut, anda bisa Hubungi Bapak Imam di WA+62 812-2890-0588

Yuk berwisata bersama Trans Borobudur.

Leave a Reply